Langsung ke konten utama

Kesehatan Mental

Kesehatan Mental 

 " Kesehatan mental adalah kesehatan 

yang dimiliki seseorang yang 

dibentukatau dibuat oleh keadaan atau 

peristiwa masa lalu "  

Apa Itu Kesehatan Mental & Pentingnya Kesehatan Mental – Generasi milenial saat ini sudah banyak yang memperhatikan tentang kesehatan mental yang dirasakan oleh setiap individu. Bahkan organisasi kesehatan dunia (WHO) sampai memberikan hari kesehatan jiwa sedunia yang jatuh pada tanggal 10 Oktober. Dengan hari kesehatan jiwa yang diberikan oleh WHO maka bisa dikatakan bahwa kesehatan mental mempunyai keistimewaan di mata dunia.

Penetapan tanggal kesehatan jiwa tersebut bertujuan untuk mengampanyekan tentang kesehatan mental serta memberikan edukasi kepada masyarakat. Dengan kampanye ini diharapkan masyarakat peduli dengan isu-isu yang berhubungan dengan kesehatan mental.

Alangkah baiknya kesehatan mental tidak hanya diketahui oleh generasi milenial saja, tetapi generasi setelah dan sebelumnya juga ikut mencari tahu tentang dan hal-hal kesehatan mental. Di zaman yang modern ini, informasi-informasi tentang kesehatan mental sudah banyak didapatkan melalui berbagai macam media, seperti artikel online, artikel majalah, televisi, media sosial, dan lain-lain. 


Dalam kesehatan mental banyak hal yang harus diketahui oleh setiap orang karena semua hal yang ada pada kesehatan mental memiliki manfaat bagi sendiri atau orang banyak. Adapun hal pertama yang harus diketahui adalah pengertian dari kesehatan mental. Pengertian kesehatan mental ini perlu diketahui di awal supaya lebih mudah memahami hal-hal lainnya yang ada di kesehatan mental.

Apa Itu Kesehatan Mental

Bagaimana mungkin jika kita mengetahui apa itu kesehatan mental, tetapi belum tahu arti kesehatan itu sendiri. Oleh karena itu, sebelum membahas tentang pengertian kesehatan mental maka yang akan dibahas adalah arti sehat itu sendiri. Menurut World Health Organization (WHO) atau organisasi sehat atau kesehatan memiliki arti berupa keadaan sempurna, baik fisik, mental, ataupun sosial yang bukan hanya terbebas dari penyakit, kelemahan, atau cacat.

Sedangkan dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 1992 yang berisi tentang Kesehatan menyatakan bahwa sehat adalah keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan hidup produktif secara sosial dan ekonomi.

Kesehatan yang dimiliki oleh setiap orang khususnya kesehatan mental harus dijaga dan dirawat semaksimal mungkin agar tidak terjadi gangguan mental. Jika kesehatan mental terganggu maka akan membuat kehidupan menjadi kurang nyaman, seperti gampang stres, lelah, dan bosan. Seseorang yang bisa dikatakan atau dikategorikan sehat secara mental apabila orang tersebut terhindar atau tidak mengalami gejala-gejala gangguan jiwa atau neurosis dan penyakit jiwa atau psikosis.

Gejala-gejala tersbut biasanya disebabkan oleh keadaan atau peristiwa yang kurang baik yang telah dialami oleh setiap orang, seperti kekerasan yang terjadi di masa lalu, stres berat, bosan dengan keadaan, dan lain-lain

"Dengan demikian, Kesehatan mental 

adalah kesehatan yang dimiliki oleh 

seseorang yang dibentuk atau dibuat 

oleh keadaan atau peristiwa dimasa 

lalu. Jika peristiwa itu menyenangkan 

maka kesehatan mental akan terjaga 

dengan baik, tetapi jika peristiwa itu tidak 

menyenangkan bahkan sampai 

memunculkan trauma maka kesehatan 

mental akan terganggu "

                 Penyebab Kesehatan Mental Terganggu

 penyebab terjadinya kesehatan mental terganggu atau biasa disebut dengan gangguan mental perlu diketahui oleh banyak orang karena informasi ini akan mengurangi risiko terjadinya gangguan mental. Dengan kata lain, kita bisa menghindari penyebab-penyebab terjadinya gangguan mental.

Komentar